JavaNeos | Tutorial Java

Belajar Java dengan Tutorial

Tipe Data dalam Java

Tipe Data pada Pemrograman Java

Seperti post sebelumnya saya telah berjanji menjelaskan tipe data pada Java. Semua bahasa pemrograman memiliki tipe data sama halnya dengan Java. Setiap tipe data punya jangkauan angka minimum dan maksimum. Java menyertakan 8 tipe data primitif untuk angka, huruf, dan nilai Boolean *nanti dijelaskan hehehe*. Kali ini saya akan memperkenalkannya satu persatu. Di bawah ini adalah tabel tipe data beserta jangkauan minimum dan maksimum data tersebut:




Yang pertama ada boolean *yang tadi belum tau apa itu boolean*. Boolean digunakan untuk memberi nilai pada suatu perintah dan hanya bisa diisi true atau false.

Yang kedua ada char. Tipe data ini digunakan bisa sebagai variable pada identifier.

byte, short, int, long adalah tipe data dengan jenis bilangan bulat yang membedakan mereka adalah jangkauan maksimum dan minimumnya. Misalkan sobat melakukan penjumlahan seperti di bawah ini:

int value = 2147483647 + 1; // nilai yang muncul nanti adalah -2147483648

maka nilai yang muncul pada value berjenis int (integer) ini bukan 2147483648 melainkan -2147483648. Kenapa? karena nilai 2147483648 melebihi nilai maksimum tipe data int yang seharusnya 2147483647, maka program akan mengulang lagi dari awal atau kembali ke nilai minimum tipe data int tersebut.

Sama kasusnya seperti di bawah ini:

int value = -2147483648 - 1; // nilai yang muncul nanti adalah 2147483647

perhatikan sobat JavaNeos, nilai -2147483648 adalah nilai minimum pada tipe data integer, tapi jika nilai tersebut lebih kecil dari nilai minimum tipe data integer, program akan membaca kembali ke nilai maksimum tipe data integer.

Jadi intinya sobat JavaNeos kalau mau memberi nilai pada suatu variable, berilah tipe data yang sesuai kebutuhan. Karena program tidak akan membaca error pada perhitungan yang biasanya sobat anggap benar. Dari keempat tipe data dengan jenis integer, pilihlah tipe data yang tingkat ketelitiannya cocok dengan program sobat.

Jika sobat ingin menghitung data yang lebih akurat dan memiliki presisi, sobat bisa menggunakan tipe data double atau float, karena keduanya berjenis bilangan riil. Tipe double jangkauannya dua kali lebih besar dari tipe data float. Jadi, double biasa disebut double precision dan float sebagai single precision karena tipe double lebih akurat dari tipe float.

Kurang lebih seperti itu penjelasan tentang tipe data dalam pemrograman java. Jika sobat masih bingung dalam penggunaannya, tenang aja karena pada posting-posting berikutnya akan ada banyak praktik dalam penggunaan tipe-tipe data tersebut. Posting selanjutnya saya akan menjelaskan tutorial menampilkan waktu pada java, karena ini berhubungan tentang pengaplikasian materi sebelumnya yang berhubungan dengan tipe data dan operator matematika.
Terima kasih atas perhatiannya sobat JavaNeos. Salam Programmer Indonesia!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori About Java / Basics / Java Tutorial dengan judul Tipe Data dalam Java. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://javaneos.blogspot.com/2013/01/tipe-data-dalam-java.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Jamaluddin Elwa - Sunday, 27 January 2013

Belum ada komentar untuk "Tipe Data dalam Java"

Post a Comment